Breaking News

Sabtu, 21 Maret 2015

Percobaan Membuat Halaman Views Pada Code Igniter

Hallo gaes!!
Pada kesempatan ini saya akan berbagi cara membuat contoh pembuatan halaman views pada Code Igniter (Salah satu pemrograman Framework).
Langsung saja,

  1. Unduh dahulu Code Igniternya dari website http://www.codeigniter.com/download
  2. Setelah itu extract folder didalam file .rar yang telah di unduh. Jika sudah ubah nama direktorinya sesuai keinginan anda dan pindah direktori tsb ke dalam direktori /xampp/htdocs/. 

  3. Lakukan konfigurasi untuk merubah base Url  local anda pada codeigniter. Buka file config.php pada direktori /nama_direktori_Ci/application/config/. Cari $config['base_url'], lalu ubah value-nya menjadi localhost/nama_direktori_Ci.
  4. Buat sebuah tampilan website berekstensi .php dan letakkan file tsb di direktori /nama_direktori_Ci/application/views/. Jika tampilan yang anda buat terdapat pemanggilan sebuah objek gambar, maka letakkan file gambar tsb di direktori root CI.

  5. Untuk meload tampilan sesuai dengan file web yang telah dibuat maka ubah konfigurasi welcome.php pada /nama_direktori_Ci/application/controllers/. Ubah function index menjadi $this->load->view('sesuai_nama_file');
  6. Saatnya mengecek hasil konfigurasi tadi
Alhamdulillah, Selesai sudah percobaannya. Tinggal mencoba untuk mengembangkan lagi.
Tunggu tutorial selanjutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By