Breaking News

Jumat, 10 April 2015

Percobaan Menggunakan Model Pada CodeIgniter

Hallo Gaes!!

Sebelumnya saya berterimakasih atas kunjungan anda di blog sederhana ini. Pada Postingan sebelumnya, kita sudah belajar tentang view pada code igniter. Dan pada kesempatan kali ini  kita akan belajar membuat model. Apa itu model? Model, biasanya berhubungan langsung dengan database untuk memanipulasi data (insert, update, delete, search), menangani validasi dari bagian controller, namun tidak dapat berhubungan langsung dengan bagian view. Intinya, model in berguna untuk melakukan fungsi fungsi untuk melakukan queri terhadap database mysql..

Langsung saja, berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat model code igniter.

  1. Konfigurasi dahulu file database.php pada direktori CI\application\config\disini. Lalu ubah beberapa skrip didalamnya dengan tujuan mengkoneksikan database.
  2. Buat Database dan Tabel seperti berikut.
     
  3. Buat view baru yang berisi sebuah form dan tabel. Form digunakan untuk menginputkan data dan data tsb dikirimkan ke database. Sedangkan Tabel digunakan untuk menampilkan record dari tabel yang ada pada database. 

  4. Buat model baru dan letakkan pada direktori CI\application\models\disini. Jangan lupa penamaan file model sesuai dengan nama class dari file tsb. Namun, pada nama class diawali dengan huruf kapital. Dalam model ini terdapat 3 method yaitu tampil_barang, tambah_barang(dengan 4 Parameter), delete_barang (1 Parameter).  Method tampil_barang digunakan untuk menampung query select yang berguna untuk menampilkan record dari tabel barang. Method tambah_barang digunakan untuk mengirimkan query insert kedalam table barang. Sedangkan method delete_barang digunakan untuk mengirimkan query delete record pada table barang.
  5. Lakukan Modifikasi pada file welcome pada direktori CI\application\controllers\disini. Buat method konstruktor yang didalamnya berisi pemanggilan Class model yang telah dibuat, pemanggilan Helped dan pemanggilan koneksi ke database. Lalu modifikasi method index yang ada. Jangan lupa mengarahkan load view nya ke view yang berisi form dan tabel yang telah dibuat. Didalam method index terdapat pemanggilan method dari model yang telah dibuat. Jangan lupa untuk membuat variable baru dan mengambil input action post. Lalu variable baru tsb dijadikan parameter parameter dari method model.
  6. Berikut hasilnya.

Alhamdulillah, Selesai sudah percobaan kali ini. Terimakasih atas kunjungannya  
Tunggu tutorial selanjutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By