Breaking News

Selasa, 30 Juni 2015

Soto Ayam Bakar Tamanan Kota Kediri

Mereka yang menggemari wisata kuliner, pasti sudah bisa membedakan rasa dan mengenal karakter berbagai jenis soto. Mulai soto paling populer dari Lamongan, Kudus, Madura, Betawi atau Semarang. Namun, makan soto dengan lauk ayam bakar dijamin hanya ada di Kota Kediri, Jawa Timur. Anda tinggal meluncur ke Terminal Tamanan – Kota Kediri, disinilah sentra para pedagang soto ayam bakar mangkal. Karena berlokasi di Kelurahan Tamanan, lambat laun soto ayam bakar ini lebih akrab disebut sebagai Soto Tamanan. 

Berbeda dengan jenis soto-soto dari kota lain,  Soto Tamanan memiliki ciri kuah santan. Mangkuk untuk menyajikan soto tamanan berukuran sedang, dengan taburan daging ayam yang disayat-sayat pisau kecil, tidak disuwir-suwir dengan tangan.
Kalau Anda berharap menemukan sambal, pada soto tamanan Anda tidak akan pernah menjumpainya. Sebagai gantinya, cabai yang telah dikukus disiapkan di atas meja. Anda tinggal mengambil beberapa butir sesuai selera, dan dihaluskan dengan menggerusnya menggunakan sendok di dinding mangkok. Beberapa pedagang soto biasanya menggeruskan cabai, jika Anda memintanya.

Satu porsi soto tamanan lengkap dengan nasi, dihargai Rp 5.000 per mangkuk. Jika penikmat kuliner ingin menambah dengan ayam bakar ada harga yang bervariasi. Bagian dada dijual Rp 15.000, paha Rp 11.000, uritan atau kerangka tulang punggung Rp 9.000, sepasang sayap kanan-kiri Rp 13.000 dan ampela ati Rp 4.000. Daging ayam bakar yang digunakan untuk pelengkap soto tamanan berasal dari ayam petelur atau ayam “horn” yang sudah habis masa produksinya. Tapi jika Anda memesan, ada beberapa kios yang juga menyediakan daging ayam kampung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By